Review Game Final Fantasy 7 Remake, Desain Grafis Memukau!

review game final fantasy 7

Bagi penggemar seri Final Fantasy, sepertinya Final Fantasy 7 remake adalah game yang paling di tunggu pada paruh pertama tahun ini. Game ini release pada 10 april 2020 kemarin. Sebelumnya game FF 7 Remake ini bahkan berhasil membuat penggemar terpukau meskipun hanya melalui trailernya saja.

Berbeda dengan game hasil remake lainnya, game iniseperti bukan merupakan hasil remake, melainkan sebuah game yang telah ditata ulang dengan berbagai tambahan yang sangat rapih. Alur cerita yang dimiliki oleh Final Fantasy 7 sudah sangatlah kuat, dan remake ini membuat game tersebut menjadi lebih hebat lagi.

Developer game ini, Square Enix, merombak semua elemen yang ada, baik dari grafis, karakter, sampai ke dunia Midgar yang menjadi lebih megah. Nah, penasaran dengan Final Fantasy 7 remake ini? Berikut adalah ulasannya.

Ulasan Game Remake Final Fantasy 7, Lebih Dari Nostalgia

Alur Cerita

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Final Fantasy 7 sudah memiliki alur cerita yang kuat, ini membuat Square Enix tidak mengubah sama sekali alur ceritanya. Namun mereka memilih untuk mengemasnya menjadi lebih cantik. Game ini akan menyuguhkan khayalan tingkat tinggi yang bisa dikatakan kompleks serta penuh pesan moral.

Kisahnya bermula dari Midgar, sebuah kota futuristik yang memiliki beberapa sektor wilayah. Kota ini dikuasai oleh Shinra yang mengatur seluruh kehidupan di Midgar dengan dalih jika perusahaan tersebut akan mensejahterakan penduduk Midgar dengan teknologi mereka. Namun nyatanya mereka hanya mengambil untung sendiri dan mengambil keuntungan dengan mengeruk inti sari planet sehingga bisa mendapatkan energi yang disebut Mako.

Ada sekelompok pemberontak yang beranggotakan Barret, Jessie, Wedge, dan Biggs yang memiliki rencana untuk menghancurkan salah satu reaktor Mako, reaktor ini dijaga ketat oleh pasukan Shinra. Ada Cloud Strife, prajurit bayaran yang akan membantu mereka dalam menghancurkan reaktor Mako.

Cloud memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan dari misi ini. Namun mereka tidak mampu untuk terus – terusan membayar Cloud, sehingga Tifa yang merupakan teman masa kecil Cloud memintanya untuk memberikan keringanan untuk setiap misi yang dijalankan.

Cloud akhirnya setuju dan seiring berjalannya waktu ia justru terhanyut dengan perjuangan yang telah rekan – rekannya lakukan. Lama kelamaan ia melakukan ini dengan sepenuh hati tanpa meminta bayaran.

Lagi pula Cloud sudah merasakan kejanggalan terhadap Shinra yang membuat penduduk Midgar hidup dengan penuh kesulitan. Namun perjuangan mereka tidak semulus yang diharapkan.

Mereka harus bisa berhadapan dengan pasukan militer, monster, sampai teknologi milik Shinra. Cloud juga harus berhadapan dengan bayang – bayang dari Sephiroth yang selalu memberikan kalimat misterius pada setiap kehadirannya.

Grafis dan Audio yang Sangat Memukau

Visual yang disuguhkan oleh Final Fantasy 7 remake ini dapat membuat pemain betah berjam – jam untuk menatap layar. Selain itu pemain bahkan bisa mengenal lebih baik setiap karakter pada game ini.

Jika dulu karakter hanya tampak seperti grafis 3D dengan bentuk kotak – kotak, kini pemain dapat melihat ekspresi yang mampu membuat kita menjadi semakin terhanyut pada permainan.

Detail yang ditampilkan juga tampak sangat memukau, baik dari kostum, penampilan aksesoris, sampai ke gaya rambut. Bahkan hewan yang ada di Final Fantasy 7 remake tampak sangat baik.

Setiap bangunan bisa ditampilkan dengan gambaran visual yang tampak berbeda pada setiap lokasi sehingga pemain dapat dengan mudah untuk bisa mengenal setiap wilayah. Perubahan pencahayaan juga turut mengambil peran dalam game ini.

Selain grafis, audio pada game ini akan memanjakan pemain. Audio yang mereka hadirkan akan menyamakan dengan situasi yang ada. Jika sedang melawan bos tempo audio akan menjadi lebih cepat, saat romantis atau sedih maka akan ada audio dengan irama yang lembut. Pastinya audio ini akan menghadirkan nuansa segar.

Final Fantasy 7 Remake Gameplay

Jika dulu pemain hanya bisa melakukan RPG turn-based, kini pemain bisa memainkan gameplay yang lebih impresif. RPG yang ada akan hadir dengan penuh aksi hack and slash disertai dengan sisi strategi.

Jika dibandingkan dengan game Final Fantasy lainnya, game ini dirasa yang paling memiliki gameplay cukup menarik. Mungkin salah satu hal yang membuat game ini berbeda adalah pemain diberi kebebasan untuk memilik teknik penyerangan melawan musuh.

Disisi lain, pemain membutuhkan skill yang baik saat memainkan game ini. Jika tidak, pemain akan mudah sekali untuk gugur saat sedang melawan musuh. Selain itu strategi sangatlah penting saat memainkannya.

Kesimpulan

Setelah developer mengumumkan Final Fantasy 7 remake release date, penggemar benar – benar sudah mengantisipasi hal ini. Ternyata harapan penggemar tidak dikecewakan dan membuat banyak orang diantaranya puas.

Nah, itulah kesimpulan mengenai game Final Fantasy 7 remake yang merupakan remake dari game aslinya yang rilis pada tahun 1997 silam.

Game ini seakan membuktikan jika mereka tidak hanya sekedar meremake, namun juga bisa menjadi sebuah game RPG yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi para pemainnya. Jadi bagaimana, tertarik memainkannya?