IDN POKER
Hearthstone: Gameplay, Mode dan Spesifikasi | CTS-Game

Hearthstone– Heroes of Warcraft: Gameplay, Visual dan Spesifikasi Lengkap

Hearthstone

Blizzard merupakan salah satu developer game yang sudah sangat terkenal. Berbeda dengan developer lain yang sangat mengejar kuantitas game yang mereka hasilkan, Blizzard hanya memiliki beberapa IP seperti Diablo, Starcraft, dan Warcraft.

Walau begitu, hampir semua game milik Blizzard mencapai kesuksesan yang luar biasa, baik dari segi penjualan maupun kualitas gameplaynya sendiri.

Karena itu, setiap proyek terbaru yang lahir dari tangan developer ini sangat di antisipasi. Dan ternyata, hal tersebut terwujud dalam sebuah game yang terhitung sederhana.

Review Lengkap Game Hearthstone

Blizzard saat ini tengah mengembangkan sebuah proyek game MOBA yang akan mempertemukan karakter-karakter ikoni dari tiga dunia game Blizzard yang berbeda-beda.

Ada juga proyek lainnya yang sempat mengalami masaopen beta dan akhirnya dirilis secara resmi lewat format free to play.

Proyek tersebut dinamakan Hearthstone – Heroes of Warcraft, dimana game ini menjadikan Warcraft sebagai dunia utamanya. Bedanya, permainan ini merupakan permainan kartu.

Visual

Secara visual, Hearthstone memang tampil sangat lugas. Artinya, selain gambar dua dimensi yang disematkan di masing-masing kartu, kamu hampir tidak akan mendapatkan efek visual apa-apa lagi.

Tidak ada dramatisasi tiga dimensi untuk memperlihatkan wujud karakter yang kamu gunakan. Semua pergerakan, usaha menyerang dan bertahan kalian hanya divisualisasikan dari kartu dua dimensi yang bergerak maju dan mundur.

Sesekali aka nada sinar-sinar yang bertebaran untuk memperlihatkan efek serangan special yang digunakan.

Arena

Sesuai namanya, Hearthstone – Heroes of Warcraft merupakan game kartu yang mengambil semua karakter-karakter ikonik, baik hero maupun para monster yang akan tampil.

Kamu akan bertemu dengan karakter seperti Illidan, Jaina Proudmoore, Anduin, Malfurion, hingga Rexxar. Tidak hanya tampil sebagai kosmetik namun juga sebagai karakter playable yang akan memberikan kontribusi signifikan pada gaya bermain kamu.

Hampir sebagian besar hero, unit, atau monster ini didesain kembali dalam bentuk gambar dua dimensi yang cukup memanjakan mata sebagai kartu dan tentu saja mudah dikenali sejak pertama kali kamu melihatnya.

Bukan hanya sekedar kartu, Hearthstone juga menyediakan 4 buah arena pertarungan. Yaitu Stormwind, Orgrimmar, Pandaria, dan Stranglethorn yang masing-masing mengusung satu atau dua buah bangunan ikoniknya masing-masing.

Atmosfer yang terbangun memang pantas untuk diacungi jempol, namun arenanya tidak memberikan efek apapun terhadap pertarungan tersebut.

Gameplay

Blizzard bukan hanya meminjam tema Warcraft untuk membangun game ini. Mereka juga berusaha mengimplementasikan beberapa identitas khusus sang seri ke dalam game Hearthstone ini, bukan hanya sekedar kosmetik.

Salah satunya adalah Hero dimana setiap deck kartu yang kamu ciptakan atau gunakan akan dikepalai oleh satu orang hero sebagai komandan utama sekaligus penentu jenis kartu seperti apa yang bisa kalian gunakan.

Karena, setiap hero ini akan mewakili satu pekerjaan tersendiri, yang berarti akan membatasi jenis kartu special seperti yang bisa kamu gunakan serta kemampuan khusus yang bisa kamu akses selama bertarung.

Di luar hero yang digunakan ini, Hearthstone pada akarnya merupakan game pertarungan kartu yang hampir serupa dengan game-game bergenre serupa di luar sana.

Objektif utama tentu saja memenangkan setiap pertarungan yang ada dengan menjadikan dek utama kamu sebagai ujung tombak.

Dek yang berisi 30 kartu ini akan memuat beragam kartu monster dan spell, dengan beragam variasi sifat dan tentu saja status kekuatan serangan dan bertahan.

Kuncinya adalah mengkombinasikan kartu yang tepat, yang saling mendukung satu sama lain untuk menghasilkan kekuatan serangan atau bertahan yang lebih efektif.

Setiap hero akan dibekali hanya dengan 30 HP, yang tentu saja akan mengakhiri pertarungan jika menyentuh angka 0.

Setiap kartu juga akan hadir dengan kemampuan unik masing-masing yang bisa digunakan untuk menyerang atau bertahan.

Contohnya adalah kartu “Taunt” yang harus dihancurkan terlebih dahulu sebelum kamu menyeang HP hero musuh.

“Charge” yang memungkinkan kamu untuk langsung menyerang, “Spell” yang bisa memberikan damage, buff, atau de-buff kartu yang lain, atau kartu-kartu Legendary yang biasanya tampil namun dengan efek samping tertentu.

Hero itu sendiri pun bisa diminta untuk ikut menyerang, yang efeknya juga bergantung pada job masing-masing.

Walau begitu, kamu tidak bisa sekedar melakukan spam kartu dan menyerang dengan bebas. Game Hearthstone mengusung sistem Mana, untuk membatasi jumlah kartu yang bisa kamu summon ke dalam medan pertempuran.

Setiap kartu akan membutuhkan Mana dalam jumlah tertetentu untuk bisa dipanggil atau dieksekusi secara langsung.

Mana akan kembali penuh setelah turn mu selesai sekaligus menambah batas kapasitas satu ekstra mana di dalamnya hingga batas maksimal 10.

Semakin lama pertarungan berjalan, semakin banyak mana yang kamu miliki, semakin banyak juga kartu “besar” yang bisa kamu panggil ke pertarungan.

Dengan sistem mana seperti ini, strategi mulai menyebar bukan hanya dari mengkombinasikan job hero dan kartu-kartu mumpuni, namun juga menyusun kecepatan permainan kartu itu sendiri.

Dengan kostumisasi deck yang bisa kamu lakukan, kamu selalu punya kebebasan untuk membangun deck yang lebih efektif berjalan di awal, tengah, atau akhir permainan.

Kalian juga bisa saja melancarkan serangan-serangan kilat mengejutkan yang tidak pernah diprediksi sebelumnya, atau mungkin menunggu mana lebih banyak untuk melakukan summon monster yang lebih banyak.

Namun, memiliki mana yang besa4r ataupun kartu yang super kuat tidak menjamin kamu sudah pasti memenangkan pertempuran.

Karena, untuk menjamin sistem permainan yang lebih seimbang, Hearthstone juga menyematkan banyak kartu aksi instan seperti Spell yang siap menghancurkan musuh sekuat apapun.

Itulah mengapa, menjadi sesuatu yang esensial juga untuk mengobservasi kartu apa saja yang sudah dikeluarkan oleh musuh.

Setidaknya, kalian bisa memastikan bahwa rencana kalian cukup untuk memenangkan pertempuran. Karena, setiap hero hanya diperkenankan untuk membawa dua buah kartu yang sama.

Spesifikasi

Spesifikasi Minimum Hearthstone:

  • OS: Win Xp 32
  • Processor: Pentium D 805 2.67GHz ataupun Athlon 64 X2 Dual Core 3600+
  • Memory: 2 GB
  • Video Card: GeForce 6800 GT ataupun Radeon X1600 Pro 512MB
  • Sound Card: DX 9
  • Hard Drive: 3 GB


Spesifikasi Recommended Hearthstone:

  • OS: Win 7 64
  • Processor: Core 2 Duo E6600 2.4GHz ataupun Athlon 64 X2 Dual Core 5000+
  • Memory: 4 GB
  • Video Card: GeForce 8800 GT ataupun Radeon HD 4850
  • Sound Card: DX 9
  • Hard Drive: 3 GB

Mode

Di awal permainan, kalian akan diberikan 6 buah sesi tutorial untuk mempelajari teknik dasar game kartu ini.

Game Hearthstone merupakan sebuah game kartu pertarungan 1 vs 1 yang bukan hanya bisa dimainkan melawan bot namun juga user lain di seluruh dunia.

Game ini mungkin akan terasa sulit di 5 – 6 pertarungan utama online mu. Jika kamu berhasil mengatasi rasa kesal karena terus kalah, kamu akan mulai menemukan ritme pertarungan, dan akhirnya menemukan kenikmatan memainkan Hearthstone.

Situasi pertarungan yang selalu berbeda akan memberikan banyak insight kombinasi kartu seperti apa saja yang mungkin akan berhasil.

Jika gagal, kamu akan mulai menyusun kembali deck yang dirasa efektif, mengujinya kembali, dan seterusnya.

Jika berhasil, kamu akan merasakan kepuasan tiada tara. Apalagi jika kamu bertemu dengan player lain dengan hero dan susunan deck yang hampir sama.

Balancing and Microstransactions

Terlepas dari iming-iming “Free to play” yang ditawarkan, Game Hearthstone juga memberikan kamu ekstra kemudahan jika kamu rela mengorbankan sejumlah uang nyata.

Namun, dalam game kartu seperti ini, menjadi sesuatu yang krusial agar microtransactions jika tidak menghancurkan balancing kartu dan hero yang sudah dibangun Blizzard.

Microtransactions yang disuntikkan Blizzard di Heartstone memang memungkinkan gamer untuk membeli “Expert Pack” dimana pack ini berisi kartu-kartu special spesifik hero yang memang sering hadir dengan efek khusus yang menarik.

Namun, membeli puluhan pack juga tidak menjamin kalian akan memenangkan setiap pertarungan yang ada.

Karena, kartu special ini akan didistribusikan spesifik hero yang berjumlah 9, sehingga semuanya bergantung pada probabilitas.

Belum lagi, kartu-kartu yang harus dimasukkan ke dalam deck terbatas jumlah kartunya. Ditambah lagi ketergantungan yang berat pada kemampuan kamu untuk mengatur penggunaan Mana di medan pertarungan.

Lagipula, kamu bisa membeli pack ini lewat kerja keras tanpa menggunakan uang nyata sama sekali. Yaitu dengan mengumpulkan gold lewat pertarungan.

Kamu bisa mendapatkan jumlah tepat 100 gold dari 30 pertarungan yang kamu menangkan. Atau kamu bisa menyelesaikan quest harian yang ditawarkan untuk mendapatkan reward gold lebih besar.

Bukan hanya mengumpulkan gold dan membeli, karaktermu juga akan mendapatkan ekstra kartu serangan dan special setiap kali kamu berhasil membawanya ke level karakter tertentu.

Jadi, jangan takut tidak bisa bersaing dengan gamer lain yang sangat mengandalkan microtransactions.

Itulah review lengkap dari permainan adiktif keluaran Blizzard, game Hearthstone – Heroes of Maincraft.

Blizzard membuktikan dirinya mampu memfasilitasi animo yang ada, setidaknya dengan memastikan server berjalan dalam keadaan stabil dan kalian akan selalu menemukan gamer lain sebagai lawan dalam hanya hitungan menit.

© Copyright CTS-Game