IDN POKER
Yuk Kenalan Sama Mobile Legends Development League - Cts Game

Yuk Kenalan Sama Mobile Legends Development League

Mobile Legends Development League

E Sport Indonesia pasti tak luput dari permainan Mobile Legends yang dikenal sebagai game dengan banyak dukungan hingga kompetisi yang diselenggarakan.

Turnamen besar MLBB yang pernah diadakan di Indonesia diantaranya adalah MPL ID atau singkatan dari Mobile Legends Professional League Indonesia dan MDL atau Mobile Legends Development League.

MDL sendiri merupakan turnamen resmi yang diselenggarakan oleh Moonton. MDL sendiri sebenarnya merupakan turnamen tingkat 2 atau di bawa MPL.

MPL merupakan versi turnamen esport professional tertinggi. MDL juga menjadi salah satu turnamen yang biasanya digunakan sebagai ajang pengembangan bakat pro player yang baru memasuki dunia game.

Apa Itu Mobile Legends Development League?

Mobile Legends Development League

MDL juga merupakan turnamen peringkat kedua yang khusus diselenggarakan di Indonesia oleh Moonton.

Turnamen ini digunakan untuk mengembangkan ekosistem esport MLBB di Indonesia dan disambut baik oleh para tim esport.

Tujuan dibuat turnamen ini adalah untuk membangun regenerasi pemain serta menjaga esports MLBB agar tetap berjalan dan tetap aa.

Di turnamen ini kita bisa melihat banyak pro player yang baru memasuki dunia game atau bisa dibilang baru lahir.

Hal ini menunjukkan bahwa regenerasi pemain berjalan dengan baik berkat turnamen ini. Walaupun tak sebesar MPL, namun MDL juga tak kalah seru dan tak kalah menarik karena justru memperlihatkan tim-tim esports baru yang bisa bersaing dengan para tim besar.

Tumbuhnya esport Mobile Legends: Bang Bang membuat game ini terus berkembang. Bahkan, pro player baru pun terus hadir karena hal ini meningkatkan minat pemain untuk menjadi seorang professional gamer.

Pro player Indonesia bahkan sampai diakui oleh dunia karena kehebatan yang mereka miliki. Selain itu, MDL juga menjadi ajang pembuktian untuk roster muda agar bisa berlaga di turnamen besar nantinya, baik nasional maupun Internasional.

Walaupun diakui sebagai liga kedua, namun tetap saja turnamen ini tetap menjunjung sikap profesionalitas yang tinggi.

Artinya, ini merupakan kesempatan emas bagi para roster serta para tim esport baru. sistem kualfikasi yang digunakan di sini juga cukup kmpetitif.

MDL saat ini juga sudah berjalan selama 3 musim, berbeda dengan MPL yang diketahui sudah berjalan selama 7 musim.

Di 2021 ini, turnamen kedua ini akan menggunakan sistem online karena adanya pandemic Covid-19. Komisioner dari MPL Indonesia yang bernama Lucas Mao mengakui bahwa MDL juga menjadi peluang bagi para pemain untuk menjadi pro player.

Sesuai dengan visi mereka, Moonton lalu mengembangkan turnamen yang lengkap, dimana mulai dari turnamen amatir hingga liga professional ada di sini.

Mobile Legends Development League Season 1

Mobile Legends Development League

Babak playoff dari MDL season 1 saat itu digelar pada 18 hingga 19 April 2020 dan dalam kompetisi itu ada 12 tim yang ikut.

Babak tersebut lalu menyisahkan 8 tim dan dari turnamen ini, tim-tim yang masuk dari qualifier juga tampil secara maksimal.

Lalu di babak final ada 2 tim yang masuk. Pertandingan berjalan serius dan kedua tim saling berbalas kemenangan.

Pemenang dari season ini adalah tim Vistim Esport yang berhasil meraih juara dengan skor akhir 3-2 dari Recca Esport. Mereka mengukir sejarah sebagai esport yang meraih kemenangan di kejuaraan MDL musim pertama.

Mobile Legends Development League Season 2

MDL Season 2 kembali diadakan pada tahun 2020 dan di sini Siren Esport berhasil merebut juara setelah mengalahkan RRQ Sena.

Di sini, tim e-sport kecil juga kembali dilirik karena kemampuan mereka mengalahkan tim time sport besar.

Mereka berhasil mengyingkirkan tim – tim favorit di babak dinal sehingga menjadikan mereka dan tim lain diperhitungkan dalam skema esport Indonesia.

Tim itupun masuk dengan jalur kualifikasi serta memerlukan perjuangan cukup besar untuk membawa pulang piala.

Setelah melalui pertarungan sengit, mereka berhasil mengalahkan RRQ Sena dengan skor akhir 3 – 1 lewat permainan apik Siren Altamiz.

Siren Esport dalam pertandingan ini berhasil karena menguasai jungle saat terhadinya war antar tim. Roster Siren Esports sendiri sadar bahwa turnamen ini diikuti oleh tim-tim yang sangat kuat.

Season ini berjalan cukup lama yaitu sekitar 3 – 4 bulan. Selain itu, pertandingan ini juga menyentuh peak 217.425 view.

Hal ini menjadi bukti bahwa turnamen MDL berhasil mendapatkan tempat bagi para penggamar Mobile Legends Indonesia serta memiliki daya tarik tersendiri.

Turnamen ini juga cukup disukai karena berlangsung cukup seru dengan mempertandingkan tim dari berbagai level.

Mobile Legends Development League Season 3

Mobile Legends Development League

Turnamen ini kembali digelar diikuti oleh roster dan tim yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan dua musim selanjutnya.

Totalnya ada 14 tim yang berkompetisi di dalam turnamen ini. Mereka akan bertarung dengan sistem Round Robin dan musim regulernya berlangsung selama 6 pekan.

Babak ini akan berlangsung mulai dari Februari hingga April 2021. Dari 14 tim hanya diambil 10 tim teratas yang akan dihadapkan pada playoff.

Klasemen yang berlangsung juga bisa berubah kapanpun. Turnamen ini memperebutkan hadiah sebesar 75 juta rupiah bagi juara pertama.

Mobile Legends Development League dari dulu hingga sekarang masih sangat diminati oleh para penggamar game. kalian pernah nonton tidak?